Popular Posts

Rabu, 14 Maret 2012

Bakteri Yang Bersembunyi Di Seragam Dokter Dan Perawat

inna-ppni.or.id — Jas putih yang dikenakan dokter atau seragam para perawat di rumah sakit ternyata bisa menjadi tempat persembunyian bakteri berbahaya yang kebal terhadap obat-obatan.

Dalam sebuah penelitian, para peneliti dari Israel menemukan bakteri berbahaya pada 60 persen seragam dokter dan 65 persen seragam perawat. Tim peneliti tersebut mengambil sampel usapan dari seragam 75 perawat dan 60 dokter. Usapan dari seragam itu diambil di bagian lengan baju, kantong, dan area perut.

Tim peneliti menemukan bakteri yang kebal obat pada 21 seragam perawat dan 6 seragam dokter. Ditemukan pula 8 contoh bakteri Staphylococcus aureus (MRSA) yang sangat kebal pada antibiotik.

Walau bakteri-bakteri itu tidak menyebabkan penularan secara langsung, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa banyak pasien di rumah sakit yang sangat dekat pada bakteri-bakteri super.

"Pada dasarnya semua pakaian yang dikenakan manusia bisa terkontaminasi oleh mikroorganisme. Untuk mencegah terjadinya penularan kepada pasien, para petugas kesehatan wajib memiliki standar higienitas yang tinggi," kata Russell Olmested, Presiden Association for Professionals in Infection Control and Epidemiology.

Jadi sebagai tim medis tetap jaga kebersihan diri demi pasien dan diri kita juga tentunya, sekian.

4 komentar:

  1. Wah ngeri juga neh,,, ada bakteri di dokternya ndiri\\

    BalasHapus
    Balasan
    1. maka'a hati2 ya, gk cuma diseragam dokter n perawat aja lho

      Hapus
  2. Ternyata bahaya juga yach baju perawat dan dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang asal dijalani sesuai protap yg ada steril tetap terjaga

      Hapus

Komentar anda sangat berarti bagi pengembangan blog ini. Berkomentarlah dengan bijak ya jangan SPAM. Jangan lupa follow ya dan tinggalkan pesan dikomentar post mana saja nanti saya follback. Terima kasih