Popular Posts

Kamis, 13 September 2012

Jadilah Pasien Baik

Selamat malam sahabat proners dh lama nih ane gk nulis artikel karena gk tau apa yg mw ditulis..hehe. Untuk kali ini ane cuma mw mengulang apa yang pernah dikatakan dosen ane yang sepertinya akan sangat berguna bagi kita semua terlebih khusus buat anda yang pernah menjadi pasien. Beberapa bulan yang lalu dosen ane yang adalah seorang dokter yang berdinas disalah satu PUSKESMAS di sumbar pernah bercerita mengenai pengalamannya terhadap pasien yang dihadapinya. Tidak sedikit beliau pernah menghadapi beberapa pasien yang terkadang bisa dibilang menjadi sok tahu mungkin karena sudah sering berobat ke PUSKESMAS.

Begini kata dosen ane "Saya pernah berhadapan dengan pasien yang sok tahu menentukan sendiri obat apa yang dia perlukan seperti antibiotik, padahal belum tentu dia memerlukan itu dan si pasien pun tetap ngotot, kamipun sebagai tenaga kesehatan kewalahan menghadapinya karena pasien kami bukan hanya satu masih ada yang lainnya mengantri" itulah kira-kira yang dikatakan dosen ane.

Nah dari perkataan dosen ane itu apa yang ada dipikiran anda? perlu anda ketahui jika seseorang terlalu sering mengkonsumsi obat yang sama seperti contohnya antibiotik tersebut yang padahal tidak seharusnya diperlukan, si pasien dapat resisten (kebal) terhadap obat tersebut, kenapa? 

Karena terlalu sering dikonsumsi tubuh akan resisten terhadap obat tersebut sehingga jika suatu saat terkena penyakit yang membutuhkan obat tersebut, si pasien akan memerlukan obat dengan dosis yang lebih tinggi karena dosis yang rendah sudah tidak mampu melawan. Nah dengan kata lain si pasien pun akan membutuhkan biaya yang lebih mahal pula karena obat dengan dosis yang lebih tinggi pasti akan lebih mahal harganya.

Perlu anda ketahui dokter, perawat, bidan dan tenaga kesehatan lainnya sesungguhnya menggapkan pasien itu sebagai kliennya, dengan begitu mereka pasti ingin memberikan yang terbaik buat kliennya tidak usah ragu karena itu memang bidang mereka, merekalah yang lebih mengetahuinya daripada anda yang bukan dibidangnya. Oleh karena itu, jadilah pasien yang baik yang menghormati setiap tenaga kesehatan yang bertanggung jawab atas anda. Sekian pesan dari proners semoga berguna buat anda dan saya juga tentunya.

terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda sangat berarti bagi pengembangan blog ini. Berkomentarlah dengan bijak ya jangan SPAM. Jangan lupa follow ya dan tinggalkan pesan dikomentar post mana saja nanti saya follback. Terima kasih