Popular Posts

Selasa, 03 Januari 2012

Pengaruh Rendang Terhadap Kesehatan


Jika mendengar kata Minangkabau pasti sekilas dipikiran kita terlintas kata Rendang. Makanan terkenal khas Minangkabau ini memang sudah tidak perlu lagi dipertanyakan kelezatannya, dari kalangan muda, tua bahkan turis mancanegara menyukai makanan khas Minangkabau yang satu ini. Tapi tahukah anda apa saja kandungan yang ada dalam rendang ini dan apa pengaruhnya terhadap kesehatan jika terlalu sering dikonsumsi?  
     
   A.    Rendang
Berbicara tentang masakan Padang maka di pikiran kita akan otomatis tercetus sebuah masakan yang khas dan unik yaitu rendang daging. Adalah menjadi rahasia umum bahwa daging rending padang sangat populer baik tua maupun muda serta diberbagai kalangan. Setiap kali singgah di restoran Padang maka setiap orang akan mengingat masakan berbahan pokok daging ini. Filosofi yang terkandung di dalam masakan rendang semakin menambah keunikan masakan pedas yang satu ini. Namun tahukah anda, berbagai kandungan yang ada di dalam satu porsi masakan rendang daging ini?

1.     Kandungan Di Dalam Daging Rendang
Lama nya proses pengolahan daging menjadi masakan rendang, tidak lah terlalu mempengaruhi kadar protein dan beberapa jenis mineral dan vitamin. Beberapa mineral atau vitamin bahkan meningkat disebabkan oleh penggunaan rempah-rempah yang dianggap cukup berarti. Kita ketahui bahwa protein merupakan komponen dari kimia yang terpenting yang terkandung di dalam rendang. Bahkan penelitian menyebutkan bahwa kandungan protein di dalam daging rending padang lebih besar dibandingkan yang terkandung di dalam daging kornet ataupun abon. Kita semua mengetahui bahwa protein sangat diperlukan di dalam proses pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan serta perkembangan tubuh secara optimal. Disamping itu, protein daging di teliti lebih mudah untuk dicerna jika dibandingkan protein yang terkandung dari bahan makanan nabati. Protein yang besar ini di dalam rendang Padang dikarenakan oleh kandungan asam amino yang esensialnya lengkap serta seimbang. Hal ini telah diyakini bahwa asam amino yang esensial adalah pembangun protein dalam tubuh yang hanya berasal dari santapan anda karena tidak akan terbentuk di tubuh kita.

2.     Kandungan Energi Di Dalam Daging Rendang
Selain mengandung nilai protein yang sangat tinggi, daging rendang padang juga mengandung energi yang besar senilai 193kkal setiap 100 gram lemak yang berarti lebih rendah dibandingkan abon ataupun kornet. Sedangkan sebagian lemak yang berasal dari rendang Padang ini adalah bersumber dari santan pendukung kuah rendang dalam proses pemasakan. Selain itu santan juga menimbulkan rasa gurih yang akan anda rasakan dari rendang tersebut. Oleh karenanya, kadar santan harus dapat diatur sedemikian agar menciptakan rasa gurih namun tetap mengurangi risiko penimbunan lemak dalam tubuh anda.

3.     Kandungan Lainnya Di Dalam Daging Rendang
rendang padang juga mengandung zat-zat lainnya seperti zat mineral serta kalsium yaitu sebesar 474, mengandung zat besi sebesar14,9, serta zat fosfor sebesar 211mg pada setiap 100 gram rendang daging yang ternyata juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan abon atau kornet. Selain itu rendang Padang daging juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin B1, vitamin A, vitamin B2, asam pantotenat, dan niasin yang tentu saja sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatan raga.

  B.   Pengaruh Mengkonsumsi Rendang Terhadap Kesehatan
Memang rendang banyak memiliki kandungan gizi, namun jika terlalu banyak mengkonsumsi daging rendang dapat mengundang banyak kolestrol ke dalam tubuh kita khususnya bagi mereka yang jarang bekerja keras kolestrol  yang berasal dari santan dan daging akan menumpuk dan itu tidak baik untuk kesehatan. Lain halnya dengan mereka yang sering bekerja keras dan sering mengeluarkan keringat kolestrol itu tidak akan terlalu mempengaruhi kesehatannya karena akan terbuang bersamaan denga keringat itu sendiri.

  C.     Kesimpulan
Jadi jika kita ingin mengkonsumsi makanan pelajari dan ketahuilah terlebih dahulu apa saja kandungan yang terdapat dimakanan itu dan apa pengaruhnya terhadap kesehatan. Jika tidak ingin terkena penyakit dari makanan favorit yang kita konsumsi hal ini sangatlah perlu diperhatikan.


0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda sangat berarti bagi pengembangan blog ini. Berkomentarlah dengan bijak ya jangan SPAM. Jangan lupa follow ya dan tinggalkan pesan dikomentar post mana saja nanti saya follback. Terima kasih